Kenapa Kaki Cicak Bisa Nempel di Dinding

March 19, 2015

sumber foto : ilmubiologi.com
Cicak memiliki keistimewaan tersendiri. Ia bisa dengan leluasa berjalan cepat di dinding rumah. Bahkan, jika mengejar nyamuk, cicak bisa lari tanpa harus takut jatuh dari dinding atau atap rumah.

Kadangkala kita berpikir, “ kok cicak itu tidak jatuh dari dinding ya? ada yang mengira pada kaki cicak terkandung zat perekat sehingga bisa menahan tubuhnya agar tidak terjatuh ke lantai. Tapi pendapat ini terbantahkan, sebab setelah dilakukan pengecekkan  pada bekas langkah kaki cicak tidak ditemukan zat-zat tersebut. 

Rahasia alam ini berhasil diungkapkan sekelompok peneliti dari universitas California Barkeley. Dari data yang terkumpul, mereka menyakini bahwa kekuatan perekat pada telapak kaki cicak ditimbulkan oleh tenaga Van Der Waals.  Mereka menemukan sekitar 500 ribu bulu halus yang kuat pada telapak kaki cicak. Bulu halus ini panjangnya bervariasi, antara 30 sampai 130 mikrometer. Tebalnya pun hanya sepersepuluh tebal rambut manusia. Yang lebih menakjubkan lagi, ternyata ujung bulu halus ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang bentuknya mirip sendok teh. 

Kekuatan pelekat yang ditimbulkan oleh bulu halus ini sangat menakjubkan. Satu bulu halus bisa memiliki kekuatan pelekat sampai 10 atm. Mereka mengukurnya langsung dengan menggunakan sebuah alat bernama atomic force microscope. Penemuan ini bisa mengilhami pengembangan konsep baru tentang lem kering. Bahkan bisa juga menjadi pintu pembukaa bagi pengembangan robot yang bisa berjalan di tembok diding atau atap rumah mirip cicak.  



sumber : Biocities.com

You Might Also Like

0 comments