TOMYAM Seafood Asem Pedas ala Thailand di Aceh

March 30, 2017




Tomyam  salah satu makanan yang sangat terkenal di Thailand. Tomyam kini juga bisa kita dapati di indonesia. Rasanya yang asam dan pedas tentu sangat cocok dibawa ke Indonesia, khususnya Aceh. Cita rasa masakan Aceh umumnya juga didominasi rasa asam dan pedas. Klop lah disandingkan dengan lidah Aceh.

Tomyam, aku pribadi baru makan dua kali, pertama di rumah teman,  saat itu kami baru saja selesai  menggelar konser Maher Zain di Aceh. Untuk merayakan kekompakan panitia, sang promotor mengadakan acara makan bersama. Jadi hari itu aku dan seorang teman lagi di tugaskan belanja bahan-bahan masakan Tomyam. Mulai dari daging, cumi, udang segar  dan beberapa bumbu lainnya. Yang kedua, Aku dapat mie Tomyam dari al yang baru saja pulang dari Thailand. Tomyam ternyata juga ada dalam bentuk kemasan mie instan, cara penyajiannya sama seperti mie Indomie. Bisa diseduh dengan air panas atau dimasak. Rasanya enak, tapi masih kalah enak dengan tomyam yang dimasak langsung non instan.

Baca juga : konser-maher-zain-and-friends-di-aceh

Di Banda Aceh ada beberapa Resto yang menyediakan menu khas Thai ini. Salah satunya BBC, Cafe khusus yang menyediakan masakan khas Thailand. Lokasinya di daerah Lamnyong atau tepatnya sebelum SPBU Lamnyong. Ada beberapa pilihan Tomyam yang disediakan, aku coba pilih Tomyam Seafood untuk menganjal perut di jam makan siang. 



Tomyam datang dan tersaji diatas meja, melihat warna dan harumnya sudah terasa bagaimana rasanya. Asam pedasnya sangat khas sekali. Salah satu Bumbu khas masyarakat Aceh yang tidak boleh absen dari bahan dasar masakan adalah Asam Sunti, dari namanya sudah jelas bahwa rasanya asam. Asam Sunti merupakan penyedap masakan Aceh yang terbuat dari buah belimbing wuluh (boh limeng dalam bahasa Aceh) yang telah dikeringkan. Biasanya dipakai untuk masak kuah asam keueng, pliek u, ikan keumamah, ungkot payeh (ikan pepes) dan beberapa masakan tradisional Aceh lainnya.

Berbeda dengan Tomyam, untuk menciptakan rasa asam dalam sup ini tidak menggunakan asam sunti melainkan air jeruk nipis. Meski begitu sup asam pedas berwarna oranye ini tetap nikmat. Isi Tomyam Seafood, seperti biasa kita akan temui potongan cumi-cumi dan udang, selain itu juga ada daun jeruk perut, serai dan daun sup untuk menambah wangi harum masakan.  Bahan lainnya seperti cabe merah, tomat, irisan bawang bombai, bawang putih, temulawak, dan cabe hijau juga ikut hadir dalam mangkuk sup Tomyam ini. Harga Tomyam Seafood 17ribu /porsi, jika tambah nasi harus bayar 5ribu lagi. Tempatnya nyaman dan bisa online gratis. Recommed sangat.



suasana BBC Cafe

Baca juga : Nasi Goreng Cina ala BBC Cafe

You Might Also Like

2 comments

  1. belum pernah nyoba yang di sini, penasaran jadinya. mira suka kali tomyam soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba kak, rasanya asamnya...mmmm

      Delete