Top 10 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

November 29, 2015



Selamat pagi sobat, hari ini saya ingin berbagi informasi betapa banyaknya manfaat dari buah jeruk, tahukah kalian ternyata jeruk memiliki khasiat yang luar biasa. Hampir semua orang, baik anak-anak maupun dewasa menyukai buah yang rasanya asam manis dan segar ini. Buah jeruk termasuk salah satu sumber vitamin C terbaik untuk tubuh, sehingga tak heran jika banyak yang memanfaatkan buah jeruk untuk kesehatan.

Kebanyakan dari kita mungkin hanya menikmati kesegaran buahnya dan mengabaikan kulitnya. Padahal, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi kulit jeruk juga memiliki khasiat yang luar biasa. Apa sajakah itu? Yuk mari dibaca..

1.    Pengharum alami rumah

Siapa sih yang tidak ingin rumahnya berbau wangi dan segar? Nah, agar aman dan tidak mengganggu kesehatan, kamu bisa menggunakan kulit jeruk sebagai pengharum ruangan alami.

2.    Mengusir serangga pengganggu

Kamu tertanggu dengan keberadaan serangga dirumah? Tenang saja, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir serangga pengganggu, seperti : lalat, nyamuk, kutu beras, dan semut.

3.    Menetralisir bau tidak sedap

Sebel dengan bau tidak sedap? Tenang saja, kamu bisa memanfaat kulit jeruk untuk menetralisir bau tidak sedap di kamar mandi, dapur, atau di kamar.

4.    Mencegah penyakit kanker

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk bermanfaat memaksimalkan kinerja vitamin C dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian, kandungan senyawa polymethoxyflavones dan liminoid sangat ampuh mencegah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker perut dan kanker payudara.

5.    Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6.    Menyehatkan system pencernaan

Kandungan  serat alami dalam kulit buah jeruk ternyata sangat ampuh mencegah berbagai masalah pencernaan sehingga system pencernaan menjadi lebih sehat.

7.    Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak memang mengganggu dan memicu masalah jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker. Caranya dengan memblender lembut dan menambahkan air perasan lemon kemudian mengoleskan pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

8. Meredakan bronkitis

Kulit jeruk sangat baik untuk meredakan masalah bronkitis yang kamu miliki. Air rebusan kulit jeruk bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah bronkitis.

9. Menurunkan berat badan

Kulit jeruk diketahui bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang aktif akan membantu Anda menurunkan berat badan. Mengonsumsi kulit jeruk sangat baik jika Anda sedang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya.

10. Membuat tubuh berenergi

Masukkan bubuk kulit jeruk pada minuman Anda sehari-hari untuk menambah energi. Anda juga bisa membuat minuman kulit jeruk dengan merebusnya dalam air.

Itulah beberapa manfaat hebat yang terkandung dalam kulit jeruk. Pikirkan lagi sebelum Anda membuang kulit jeruk. Kulit jeruk bisa diolah menjadi bubuk dengan mengeringkannya terlebih dulu, atau dengan merebusnya menjadi minuman.


*Dikutib dari berbagai sumber

You Might Also Like

0 comments