Liburan Expres, TAHURA adalah Lokasi yang Tepat!

August 31, 2015




Yuuk jalan-jalan....
Dua minggu lalu saya beserta sahabat saya melakukan perjalanan dari Sigli ke Banda Aceh. Usai acara dirumah langsung balik ke kota pelajar. Judulnya pulang ekpres, dua hari dikampung besoknya balik lagi ke Banda. Begitulah suka duka jika jarak antara rumah dengan tempat kuliah bisa ditempuh 2 setengah jam sampe 3 jam waktu perjalanan. Maunya pulang setiap ada acara, sebentar-bentar pulang kayak anak kampung orang kata. Lah iya emang benar saya anak kampung, anak emak dan abu. Disuruh pulang, saya pulang, apa coba alasan saya bantah permintaan orang rumah? 

Ingin rasanya berlama-lama disana, merasakan kembali jadi anak rumah.  4 tahun lebih sudah hidup di perantauan, belum lagi nanti usai tamat kuliah. Sekarang, keinginan itu harus dipendam, mengingat tanggung jawab berjulukan mahasiswa akhir harus segera diakhiri. Pagi itu rencananya berangkat lebih awal supaya nanti bisa singgah ke TAHURA (Taman hutan raya) yang berlokasi di Saree -  Aceh Besar. Lama sudah ingin kesana, tempatnya selalu saya lintasi ketika pulang dan pergi dari kampung ke Banda tapi belum sekali pun menyempatkan diri untuk masuk ke TAHURA. Orang kata air terjun dan rumah pohonnya bagus dan alami.  Penasaran dah saya ingin lihat langsung.


Dikarenakan urusan IRT belum selesai, jadwal keberangkatan pun terpaksa delay sampai shalat zuhur. Saat azan Ashar berkumandang kami tiba di lokasi wisata.  Di pintu masuk kami dihadang 2 petugas TAHURA, ngak diminta KTP ataupun STNK, mereka cuma tanya ada keperluan apa dek? 
Usai memakirkan honda di tempat parkiran, kami berdua menuju posko petugas. Ternyata setiap pengunjung yang datang akan diberikan arahan serta penjelasan terlebih dahulu mengenai wahana dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi ketika memasuki kawasan TAHURA.  Pengunjung juga dikenai uang distribusi 5000/orang.


Nah, karena sudah memasuki waktu shalat Ashar, kami pun mampir ke mushalla untuk menunaikan shalat 4 rakaat. Segaarrrrrrrrr nyaaa air. Airnya langsung dari mata air pergunungan, ya wajar sajalah jika dinginnya begini. Syukur di mushalla ada mukenah, tapi jangan cium wanginya. wangi atau baunya ni?

Untuk menemukan TAHURA ini sangat mudah, sebab lokasinya pas di pinggir jalan Banda Aceh - Medan. Jika dari Banda Aceh hanya butuh waktu 1 jam setengah atau 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasi. Di  TAHURA kita bisa menikmati bermacam wahana wisata, lihat saja menunya di papan kayu ini.



Tampaknya foto di atas tulisannya kurang jelas ya, oke saya sebutkan apa-apa saja tempat yang bisa dinikmati disini. 
  1. Taman bermain 
  2. taman anggrek 
  3. Arboretum 
  4. Jungle Tracking 
  5. Out Bond 
  6. Rest Area 
  7. Air terjun 
  8. Rumah  pohon 
  9. Camping Ground
  10.  Wisata Gajah
  11.  Kolam pemandian 
  12. Tanaman koleksi air 
  13. Koleksi tanaman buah
  14. Koleksi tanaman obat, dan ada juga sarana penunjang penelitian.
Sayang, dari 14 menu diatas kami cuma bisa menyantap 2 tempat saja, rumah pohon dan taman bunga. Berhubung sisa waktu kami tidak banyak kami pun harus bergegas meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan menuju Banda. 


Meski singkat tapi sangat menyenangkan, lumayan untuk cuci mata sekaligus merilekskan pikiran. Rasanya perjalanan kali ini benar-benar plong, inilah liburan kali pertama setelah berletih-letih menghadapi sidang skripsi satu hari sebelum pulang. 
#Legaa


Suasana dari atas rumah pohon, foto ini saya ambil ketika  Al sedang membidik pengunjung yang dimintakan untuk difoto


Oke!
See you on my next trip  >_^


You Might Also Like

1 comments

  1. Temukan berbagai macam informasi wisata yang ada di Indonesia beserta makna/arti/cerita tentang wisata tersebut yang ada di indonesia
    Dan juga artikel-artikel tentang wisata di wisataIndonesiaraya.com dan like page facebook wisataIndonesiaraya.com

    ReplyDelete