Menelusuri Keindahan Alam yang Tersembunyi, Air Terjun Kuta Malaka !

July 29, 2015

Bermain air bersama teman di tingkatan air terjun ke 5

Menentukan tempat untuk dijelajahi  memang tidak akan ada habisnya, selalu saja ada tempat wisata untuk dikunjungi. Kali ini saya akan tunjukkan salah satu diantara banyaknya tempat wisata di Aceh. Air Terjun Kuta Malaka, yah itu dia namanya. Lokasi air terjun Kuta Malaka ini berada di kawasan Samahani, kabupaten Aceh Besar.
Jarak tempuh menuju Air Terjun Kuta Malaka sekitar 45 km dari Banda Aceh. Memasuki kawasan Aceh Besar kita akan di apit pemandangan sawah serta pergunungan dari sisi sebelah kanan dan sisi kiri jalan. Viewnya sangat indah, apalagi disaat musim tanam padi. Bila sudah sampai di samahani perhatikan tugu yang berada di sebelah kanan jalan, karena tugu ini menjadi petunjuk jalan masuk menuju lokasi Air Terjun Kuta Malaka.


Untuk sampai ke samahani kita masih bisa mengendarakan sepeda motor dengan mulus tanpa rintangan, tapi setelah memasuki jalan menuju ke lokasi barulah kita benar-benar merasakan betul perjuangan yang harus di lewati. Medan area yang menanjak dan berbatu menjadi tantangan bagi siapapun yang melintasinya.
Kondisi Jalannya masih sangat alami, bertanah liat merah dan berbatuan. Kita pun harus merelakan sepeda motor menjerit kepanasan. Tingkat kewaspadaan pun lebih meningkat. Mesti berhati-hati mengendarakan sepeda motor, sebab kerikil yang runcing dan tancam bisa saja menembus ban serta tanjakan yang curam juga membahayakan jika tidak mengendalikan stang dengan baik.


Memasuki puncak bukit Kuta Malaka, sudah ada petugas yang berjaga-jaga di sana. Agar bisa menikmati keindahan alam Kuta Malaka, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang Rp 10.000 per orang. setelah itu pengunjung bebas menikmati panorama alam dan kesejukan air terjun sepuasnya.
Dalam perjalanan sesekali kita akan temui aliran sungai yang mengalir membelah jalan, untuk sampai ke tujuan kita harus menyeberang 4 anak sungai yang terhubung langsung dengan air terjun yang berasal dari puncak. Tentu saja dengan senang hati kaki melangkah menyeberang sungai, bila dimusim kemarau kedalamanyanya hanya diatas tumit kaki orang dewasa, jadi tidak perlu khawatir.



Tidak jauh sebelum sampai lokasi antara bukit dan air terjun tampak bangunan bercat putih, bentuknya seperti rumah hanya saja bagian belakangnya tidak berdinding. Lahan yang tidak berdinding itu dijadikan penjaga setempat untuk pakir kendaraan para pengunjung. Jarak lokasi air terjun itu sekitar 200 meter dari tempat parkiran, sepanjang jalan pohon-pohon besar hidup di sekitarnya dan akarnya merambat didalam tanah dan ada juntaian akar pohon bergantungan. Keindahan alam yang tersembunyi di balik gugusan bukit barisan kuta malaka ini bertingkat tujuh hingga ke puncak pegunungan. Kedalaman air berkisar 100-200 meter.



Air terjun dari hulu sungai jrue ini sangat indah, airnya penuh dan terus tumpah ke kolam berikut dibawahnya. Menyenangkan sekali mandi disini, airnya yang dingin dan jernih mengajak kita betah berlama-lama mandi dalam kolam alami seperti ini. Untuk memanjat air terjun ke tingkat selanjutnya, ada jalan setapak di sisi kolam dari sisi kanan dan kiri. Ayo, kamu mau sampai ke tingkat berapa?

You Might Also Like

1 comments