Haruskah Memaksa Diri Membaca?

May 15, 2015



Pernah suatu hari ketika sedang duduk sembari membaca buku, sahabat saya bertanya, “Kamu paksakan diri ya tuk membaca atau memang benar-benar suka membaca?” “Ya, Aku paksakan diri tuk membaca, supaya baca ya harus dipaksakan sedikit”, jawabku.  pertanyaan itu muncul mungkin selama ini ia jarang melihat saya membaca, tiba-tiba belakangan justru sering membuka buku. Membaca pun tidak tampak seperti orang yang benar-benar suka membaca, kadang baca kadang tidak. Ya mungkin karena itu ia bertanya ‘karena suka atau karena dipaksakan’, pertanyaan yang membuat saya tersenyum-senyum sendiri bila mengingatnya. 
Ada pepatah yang mengatakan pekerjaan yang dipaksakan tidak akan membuahkan hasil yang baik, namun bagi saya pepatah ini tidak berlaku pada konteks ini. Orang yang terlatih, disiplin tentu ia juga bermula dari memaksakan diri agar mampu mengerjakannya. tentu semua yang terjadi tidak tercipta dengan mudah tanpa ada perdebatan  dalam dirinya.  Begitu pula apa yang saya lakukan, jika saya tidak memaksakan diri membaca, sudah pasti saya tidak tau apa-apa dan begitu-begitu saja, stand in place.  Meskipun terkadang apa yang dipelajari dan dibaca sedikit sekali menempel di dinding kepala. Tapi tetap, harus baca dan membaca, karena membaca akan membuka pintu hati dan pintu cakrawala dunia.
Betapa dasyhatnya manfaat membaca, bahkan ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dikala itu adalah iqra yang berarti  baca. Allah mengutuskan malaikat Jibril untuk menjumpai  Nabi dan mengajarkan Nabi untuk membaca. Dari membacalah kita mengetahui betapa indahnya isi yang terkandung dalam Al-quran, dari membaca kita bisa membedakan perkataan yang baik dan buruk, dari membaca kita menyadari betapa besarnya kuasa Allah kepada kita selama ini.
Tidak ada yang sia-sia jika semuanya diniatkan untuk tujuan yang baik, Saya cukup mengingat kalimat yang ini “Apa yang kita pelajari hari ini mungkin tidak berguna lagi pada hari esok. Tetapi jika kita tidak belajar hari ini sudah tentu kita akan menjadi manusia yang sebodoh-bodohnya pada hari esok”. 
Tak jarang pula ada orang yang mengetes bertanya ini itu terkait topik apa saja, yah mungkin ia penasaran dan ingin tahu. Tapi tak apa justru dengan begitu semakin banyak yang ingin saya pelajari dan belajar memahami lebih baik lagi.  Adapun saya membaca, sebab banyak yang tidak saya ketahui, karena itu saya membaca untuk mencari tahu agar menjadi tahu (paham). 
Membaca adalah satu aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Sedikitnya ada 4 manfaat yang dapat saya uraikan.
1.       Melatih kemampuan berpikir

Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul. Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak? jawabannya adalah membaca. Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literature klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.
2.       Meningkatkan Pemahaman

Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setalah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.
3.       Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa servive dalam menghadapi gejolak zaman.
4.       Mengasah kemampuan menulis

Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, memebaca juga bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Selain karena wawasan Anda untuk bahan menulis semakin luas, Anda juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Lewat membaca Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.

You Might Also Like

1 comments

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete