ASIAN GAMES 2018 DI INDONESIA BIKIN BANGGA

September 22, 2018





Malam yang dinanti itu akhirnya tiba juga, dalam seketika ramai-ramai orang upload video tarian Aceh di Instagram. Awalnya lihat postingan tarian Aceh di beranda, kirain itu video di acara pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) beberapa waktu lalu (sebelum lihat video karena masih loading). Baca captionnya barulah tahu dan langsung searching  #openingasiangames biar cepat. Penasaran sama video selanjutnya, ternyata sudah ada ratusan yang upload, terbanyak dari orang Aceh.


Benar-benar suguhan yang sangat memukau. Tak menyangka kemarin 2 september menjadi malam penutupan Asian Games 2018. Padahal baru beberapa hari lalu nonton kemeriahan malam pembukaan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan. Sebagai orang Indonesia rasanya tidak afdol jika belum ikut menyemarakkan kemeriahan  Asian Games 2018. Selagi timbul inspirasi ya mari menulis.  






Sudah terlalu lama juga rumah ditinggal pergi. Sangking lamanya foto hampir berkerak, pajangan berdebu, ruangan sepi dari cuap-cuap para tentangga,  syukuuur kunci rumah masih ada. Sebelum bahas closing ceremony, mau cerita dulu sedikit mengenai opening Asian Games. Terserah kamu nya mau ikut baca atau ngak, pokoknya niat ini sudah bulat mau nulis biarpun sudah berlalu. Tapi tulis komentar wajib ya :D



Assalamualaikum dan Tarian Aceh



Sejak lihat malam pembukaan Asian Games, rasanya ingin nulis semua hal tentang penampilan yang disuguhkan malam itu. Sangking terpesonanya sampai gagal focus dan baru sekarang tereaslisasikan. Standing Applause kepada seluruh panitia penyelenggara dan juga pengisi acara. Ide kreatifnya benar-benar menyentuh relung hati, apalagi tarian Aceh.



Sebagai orang Aceh secara pribadi terpana dan bangga tarian Aceh menjadi persembahan pertama pada perhelatan Asian Games. Bukan alasan itu saja tapi juga karena lagu yang dibawakan benar-benar meneduhkan. “Assalamualaikum para tamu undangan” begitu indah didengar. Sebenarnya ini lagu Aceh yang ditranslate ke dalam bahasa Indonesia, sah-sah saja dilakukan mengingat acaranya dilaksanakan di Jakarta.






اللهِ وَبَرَكَاتُهُ وَرَحْمَةُ عَلَيْكُمْ السَّلاَمُ

 “semoga keselamatan dan rahmat Allah, serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian”





Aku sendiri baru ini pertama kali mendengar lagu Assalamualaikum dibawakan dalam ajang berskala internasional di Jakarta dan diluar bulan Ramadan. #respect Seakan semua paham isyarat dari lagu ini, seperti menunjukkan indentitas Indonesia dan juga menampakkan bagaimana kita Indonesia menyambut serta memuliakan kedatangan para tamu dari berbagai belahan dunia dengan ikut mendoakan dalam kebaikan.






Lebih mengemparkan lagi, lagu Assalamualaikum dibawakan lewat tarian Aceh yang dimainkan oleh ribuan penari. Tepuk tangan dan riuh suara penonton tak henti-hentinya menggetarkan Seantero stadion pada setiap pergantian warna kostum dan gerakan tarian Aceh.



Tari Ratoeh Jaroe namanya tapi media ramai memberitakan sebagai tari Saman. Padahal dua tarian ini jelas beda, meski keduanya sama-sama tarian asal Aceh tapi tarian saman dimainkan kelompok laki-laki dan ada beberapa perbedaan lainnya. Lengkapnya bisa baca dilink berikut ini.



Jokowi naik motor



Serangkaian acara tak henti-hentinya dibuat melongo dari awal. Aksi Presiden Joko Widodo naik moge dan muncul dari balik layar mengendarai motor hitam sukses  mengejutkan penonton. Sayang, aksi itu banyak mendapatkan komentar negatif dari warganet yang menyoalkan stuntman. Menganggap adegan tersebut sengaja dirancang untuk menaikkan popularitas Jokowi. Terlepas itu bagian dari pencitraan atau bukan, bagi ana tetap saja tidak mempengaruhi pilihan di pilpres 2019 nanti. 



Efek lampu dan kembang api

Dekorasi gunung, sawah, air terjun, hingga efek lampu yang berwarna-warni menambah kemegahan tata panggung pembukaan Asian Games 2018. Ribuan penari membawakan tarian kolosal sejak kerajaan Sriwijaya hingga kerajaan Majapahit yang dibagi dalam empat tema air, bumi, angin, dan api untuk menunjukkan kekayaan alam dan laut Indonesia. Stadion semakin semarak dengan berbagai pertunjukkan kembang api. Warna-warni kembang api yang menghiasi langit stadion GBK.



Add caption
Indonesia masuk 4 besar

Menjelang pertandingan, satu persatu cabang olahraga berhasil dimenangkan atlet kita. Patut berbangga hati, selaku tuan rumah Asian Games 2018 Indonesia berhasil melampaui target setelah berada di peringkat keempat dengan mengumpulkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu, dengan total peralihan 98 medali. Sebelumnya Indonesia menargetkan 16 medali Asian, sekurang-kurangnya masuk 10 besar. Namun, para atlet Indonesia tampil cemerlang dan menunjukkan energy nya. Semangat 45 para atlet berhasil meraih medali 2 kali lipat dari yang ditargetkan. Lumbung medali emas Indonesia terbayak berasal dari cabor pencak silat yang menyumbangkan 14 keping emas. 




Pelukkan cinta dalam kemenangan



Setiap laga pertandingan akan selalu menyisakan suka dan duka, dari Asian Games 2018 kita belajar semangat dan persatuan semua yang terlibat demi mengharumkan nama Indonesia. Salah satu momen yang paling menyita perhatian warganet adalah saat pesilat Hanifan Yudani Kusumah membawa bendera Indonesia usai menang kemudian berlari menuju area VIP tempat para pejabat duduk. Tak hanya menyalami Jokowi dan Prabowo tapi Hanifan juga memanfaatkan momen untuk merangkul dua kubu berbeda dalam pelukannya. Tak bisa dibendung suara tepuk tangan dan tawa bahagia mengemparkan satu ruangan. Video ini kemudian viral dan mendapatkan pujian dari warganet, bahkan bapak Ridwal Kamil terinspirasi ngadakan sayembara foto pose yang mirip dengan pelukan Jokowi dan Prabowo.




Boyband Korea ramaikan penutupan Asian Games 2018



Malam penutupan tidak kalah meriah, tapi jika dibandingkan antara keduanya, jujur malam pembukaan lebih wah. Mungkin, karena konsep opening Asian Games diselipkan cerita dan beberapa adegan yang tidak terduga. Sedangkan dimalam penutupan hampir keseluruhan acaranya menampilkan musik dari berbagai musisi dan boyband.



Kabar kehadiran artis Korea pada acara penutupan Asian Games 2018 telah menghebohkan K-Poper Indonesia. Tiket langsung ludes terjual, udah kayak nonton konser. Kesempatan kali ya untuk berjumpa dan melihat langsung opa-opa cantik nan ganteng di Jakarta. Video kedatangan anggota suju sampai salah satu personilnya, Siwon (Choi Si-won) yang sedang jogging di Jakarta pun sempat viral. Dan yang paling menarik adalah baca komentar warganet di kolom komentar, lucu-lucu dan bikin geleng kepala. Mmm kalo posisi aku yang berada disana saat siwon sedang jogging, bukan lagi ngambil foto dari jauh  tapi langsung dekatin dan selfie sama siwon.. hahaa *tawamaksa





Salam cinta dari presiden Asian Games


Malam pembukaan ketidakmunculan Anies Baswedan dalam sorotan kamera menjadi perbincangan para warganet. Banyak yang kecewa, mengingat Bapak Anies juga ikut andil menyiapkan tempat digelarnya  Asian Games.  Dimalam penutupan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak hanya di sorot kamera tapi juga naik ke atas panggung seraya menyerahkan obor Asian Games kepada Wali Kota Hangzhou, China. Anies Baswedan sempat mencium tempat obor sebelum diserahkan kepada Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah. Sheikh Ahmad kemudian menyerahkan tempat obor kepada Wali Kota Hangzhou.

Salah satu yang berkesan dimalam penutupan saat Sheikh Ahmad mengatakan "Terima kasih Jakarta. Terima kasih Palembang. Kalian berhasil," kata Sheikh Ahmad sembari membuat gerakan berbentuk hati di atas kepala dengan kedua tangannya 





Selamat kepada semua yang terlibat di Asian Games 2018. Kita telah berhasil tuan rumah yang membanggakan. Siapa kita?  Indonesia





You Might Also Like

1 comments